Sabtu, 14 Januari 2012

5 Hal Menraik di Jepang

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Jepang merupakan ‘negeri impian’ bagi banyak orang.

Yang pertama adalah karena udara lingkungan yang sangat bersih. Yang biasanya sehari-hari kita terbiasa melihat sampah berserakan, polusi udara dan suara ada dimana-mana, maka kota-kota di Jpeang benar-benar sangat nyaman untuk hidup. Rasanya nafas pun jadi lebih plong saat menghirup udara disana. Tak heran, karena baik Pemerintah maupun warga Jepang, telah memiliki kesadaran akan pentingnya kualitas kebersihan lingkungan. Meskipun luas lahan yang mereka miliki kecil, tapi 60% dari wilayah negara Jepang ditanami sebagai hutan atau taman.

Yang kedua adalah faktor keamanan. Bukan berarti tidak ada sama sekali kejahatan, tapi jumlah nya relatif kecil. Dan pemerintah pun sangat serius melakukan berbagai cara untuk menjaga keamanan. Bukan hanya itu, karena peraturan yang keras dan ketat, maka keamanan berlalu lintas, struktur bangunan, dll pun sangat terkontrol. Sedangkan situasi politik negara pun sangat stabil, sehingga semua orang bisa hidup dan melakukan pekerjaannya dengan nyaman.

Yang ketiga  adalah kualitas makanan dan minuman. Selain sangat bersih, juga memiliki rasa yang khas. Ditambah lagi cara penyajian yang artistik. Saya yakin orang Jepang tak menganggap makan/minuman sekedar pengisi perut. Bagi mereka kuliner adalah salah satu bentuk seni.

Yang keempat adalah keharmonisan antara yang dulu dan sekarang. Bangunan bernilai historis atau religius dapat bersandingan langsung dengan bangunan modern dan mutakhir. Mereka sudah dibiasakan untuk menghargai sejarah, sambil mengejar ‘mimpi’ dengan kekuatan teknologi yang mereka miliki. Setiap kota pasti memiliki kuil-kuil yang terpelihara, namun juga bangunan tinggi [bahkan pencakar langit] yang megah. Mereka juga memelihara banyak tradisi atau festival rakyat yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tapi mereka pun mengembangkan bentuk hiburan yang paling modern.

Yang kelima adalah sarana transportasi yang nyaman, bersih dan aman. Tinggal pilih bentuk kendaraan yang kita sukai: sepeda, motor, mobil, taksi, kereta bawah atau di atas tanah [termasuk shinkasen], hingga ke pesawat terbang domestik. Atau jika ingin lebih sehat, ada salahnya berjalan kaki, toh selalu tersedia tempat yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki disana. Bahkan di jalanan, pejalan kaki selalu diutamakan disbanding kendaraan.

Dan plus-nya, bagi mereka yang menggemari anime, manga, musik atau film Jepang, tentu saja sangat mudah untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Banyak sekali took-toko yang khusus menjual produk ini. Tentu saja kita harus merogoh saku dalam-dalam karena semua produk ini [terutama merchandise anime] termasuk mahal bagi orang Jepang sekalipun. Juga terdapat berbagai museum yang terkait dengan anime atau manga, seperti museum Ghibli, museum Osamu Tezuka, museum Gundam, dll.

~~~~OOO~~~~

Nah, itu adalah hal-hal menyenangkan yang biasa kita dapatkan jika tinggal atau berkunjung ke Jepang. Semoga bisa menambah ilmu bagi kalian yang membacanya :D
Don’t forget to coment and klik Join this site….!!!!! XDDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar