Sabtu, 14 Januari 2012

Pasar ikan Tsukiji

Pasar ikan Tsukiji merupakan bagian dari Tsukiji Wholesale Market, dimana dijual berbagai produk tangkapan laut, hasil perkebunan/pertanian, dan buah-buah segar. Untuk mencapainya, kita bisa menggunakan subway, dan berhenti di stasiun Tsukijishijo. Dari sana, dengan berjalan kaki hanya butuh 10 menit untuk mencapai lokasi. Saat memasuki pasar ini, kita harus ekstra hati-hati, dengan banyaknya kendaraan pengangkut yang berseliweran dengan kecepatan tinggi. Tapi karena pasar ikan [terutama tempat pelelangan ikan] hanya buka hingga sekitar jam 9 pagi, maka ada baiknya kita sampai disana pada pukul 6 pagi. Saat itu, pusat pelelangan ikan tuna [baik yang segar maupun yang dibekukan] sedang ramai-ramainya. Kita bisa melihat langsung bagaimana keunikan dan kesigapan mereka dalam melakukan transaksi pelelangan ikan yang besarnya bisa mencapai 300kg/ekor ini.
Para peminat lelang akan memeriksa kualitas ikan-ikan yang ditawarkan terlebih dahulu, lalu menentukan berapa harga yang akan mereka ajukan. Proses pelelangan sendiri berlangsung secara cepat. Hanya dibutuhkan waktu beberapa detik untuk menentukan nilai jual seekor ikan tuna besar. Tidak semua orang bisa ikut dalam pelelangan ini. Hanya mereka yang memiliki kios ikan di pasar itu, para utusan khusus dari restoran besar, pabrik pengolah makanan, atau agen ikan yang cukup besar. Baru dari mereka ini, para konsumen perorangan bisa memiliki kebutuhan ikan atau hasil laut lainnya. Setelah itu, kita juga bisa melihat tempat pemotongan ikan tuna beku, baik yang menggunakan mesin ataupun manual dengan pedang panjang yang sangat tajam [oroshi hocho]. Masih banyak hasil laut yang ditawarkan oleh para pemilik kios di pasar ini. Kondisi pasar ini juga bersih, tidak bau, dan tak ada seekor kakat pun disana!

Di samping pasar ini ada deretan penjual makanan, diantaranya beberapa restoran sushi yang mungil. Sekali melayani, mereka hanya bisa menerima belasan pemesan saja. Karena itu, jangan kaget jika kita harus berdiri mengantri hingga 2 jam di depan pintu restoran ini. Saat mengantri itu, kita akan ditanya menu set mana yang akan kita pesan. Terdapat 2 set sushi yang ditawarkan, yaitu yang biasa [sekitar 2300 yen] atau “pilihan chef”[3000 yen lebih]. Set yang biasa terdapat 7 jenis sushi yang disajikan satu persatu. Rasanya sangat lezat. Mungkin berasal dari hasil tangkapan laut yang sangat segar, ditambah sebelumnya mengantri lama. Untuk menyantapnya hanya dibutuhkan waktu 20-30 menit, dan itu tak membuat kita kenyang. Tapi kenikmatan dan pengalaman yang kita rasakan cukup sesuai dengan harga menunya. Maka, jika kalian dating ke pasar ini, saya sarankan kalian mencoba salah satu dari restoran sushi yang ada. Sesuata yang tidak ada di pasar ikan kita, dengan rasa sushi yang jauh berbeda dari yang ada di Indonesia, bahkan di restoran sushi di bagian lain Tokyo sekalipun.

~~~~OOO~~~~
Don’t forget to coment and klik join this site…..!!!!!!!!!! XDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar