Sabtu, 14 Januari 2012

DONBURI [Rice bowl]

Donburi adalah masakan Jepang berupa sajian nasi putih panas di dalam mangkuk yang berisi ikan, daging, atau sayuran yang disiram dengan saus. Donburi ada bermacam-macam jenis, dan siraman sausnya pun beragam sesuai isi lauknya. Biasanya saus utama dalam donburi dibuat dari campuran shoyu [kecap asin], mirin, dan sake [arak masak]. Donburi begitu terkenal karena cara membuatnya mudah dan cepat, namun rasanya nikmat. Brbagai restoran dan kedai khusus donburi pun sudah menjamur di Jepang. Berikut jenis-jenis donburi yang paling popular:

OYAKODON
Diartikan harafiah sebagai donburi orang tua dan anak, oyakodon merupakan sajian nasi mangkuk yang di dalamnya berisi potongan daging ayam, daun bawang dan telur. Nama oyako [orang tua dan anak] sendiri merupakan istilah puitis yang diambil karena sajian ayam dan telur di dalam hidangan ini. Menu oyakodon banyak dijumpai di restoran Jepang tradisional maupun restoran soba [mie Jepang].

UNADON
Kependekan dari unagidon atau donburi yang berisi daging belut baker yang dibumbui [unagi kabayaki]. Di daerah Kanto, belut yang disajikan awlnya dibakar hingga matang, baru dipanggan dengan saus. Sedangkan di daerah Kansai, belut langsung dipanggang. Unadon rasanya mirip unajuu [hidangan nasi dan daging belut dalamkotak bento] dan nagayaki [nasi dan daging belut yang disajikan dalam tempat terpisah].

TEKKADON
Donburi yang satu ini cukup unik dan berbeda dari doburi biasa, karena lauk yang dihidangkan di dalamnya berupa irisan ikan tuna atau salmon mentah [sashimi]. Bumbu yang digunakan dalam tekkadon adalah bumbu pedas dari berbagai rempah, serta bawang Bombay. Penggemar sushi dan sashimi pasti menyukai donburi jenis ini.

KATSUDON
Sajian nasi putih panas yang dihidangkan bersama daging babi goreng [tonkatsu] dan telur. Olahan saus katsudon berbeda-beda di setiap daerah di Jepang, misalnya di daerah Okayama saus katsudon menggunakan garam [shio katsudon] atau kacang polong [demi katsudon], di daerah Niigata menggunakan shoyu [shoyu-dare katsudon], di daerah Nagoya menggunakan miso [miso katsudon], dll. Kadang-kadang daging babi juga digantikan dengan daging sapi/ayam. Katsudon menjadi makanan ritual tradisional yang disantap murid sekolah pada malam hari menjelang ujian umum atau ujian masuk sekolah. Hal ini dikarenakan kata ‘katsu’dari katsudon merupakan homofon dari kata ‘katsu’ yang berarti ‘kemenangan’.

TENDON
Tendon merupakan singkatan dari tenpura donburi, berupa hidangan nasi putih dan tenpura [umumnya berupa udang, cumi-cumi, bawang bombay, terung ungu, jamur shiitake, alpukat, ubi yang dicelup dalam adonan terigu dan digoreng dalam minyak panas]. Berbeda dengan doburi lain yang menggunakan campuran saus shoyu dan mirin, tendon menggunakan saus khusus tenpura. Tendon merupakan salah satu jenis donburi yang paling digemari, karenanya ada kedai khusus tendon, disebut dengan tempura-ya.

GYUUDON
Sesuai namanya, gyuudon adalah donburi yang berisi daging sapi [gyuuniku] dan bawang Bombay yang disiram saus manis dari campuran shoyu dan mirin. Kadang di dalamnya disajikan bersama shirataki [konnyaku dalam bentuk mie], beni shoga [jahe merah], shichimi [bumbu 7 rasa], dan dihidangkan bersama misoshiru. Menu gyuudon banyak ditemukan di restoran Jepang, selain itu ada juga kedai fast food yang khusus menyajika gyuudon, seperti Sukiya, Yoshinoya, dan Matsuya [di sini gyuudon disebut dengan nama gyuumeshi]. Namun ketika wabah sapi gila melanda, Yoshinoya mengubah menu utamanya menjadi butadon [donburi daging babi], sedangkan Sukiya tetap mengandalkan menu gyuudon.

Selain jenis-jenis ddi atas, masih banyak lagi jenis donburi lain, seperti tamagodon [donburi berisi telur dadar yang dibubuhi saus manis], tenshindon [donburi berisi omelet kepiting], chuukadon [donburi berisi tumis sayuran daging yang sering dijumpai di Chinese food di Jepang], karedon [nasi kare yang dihidangkan dalam mangkuk], inoshishidon [donburi berisi daging babi hutan], butadon [donburi berisi daging babi tumis], dll.
Inoshishidon

~~~~OOO~~~~

Itu tadi makanan khas dari Jepang yaitu donburi. Mungkin di Indonesia ini juga sudah banyak yang menjual hidangan makanan seperti itu. Tapi bagi yang beragama Islam disarankan jangan memakan yang daging babi, haram itu… :D
Okeh semoga bermanfaat..
Don’t forget to coment and Join this site…..!!!! XDDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar